Rabu, 06 Oktober 2010

Beras Nasi

Beras – Nasi rangkain kata yang tidak dapat dipisahkan karena beras dan nasi merupakan satu kesatuan yang membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain. Nasi berawal dari beras dan beras pun dimasak akan menjadi nasi.
Proses pembuatan beras adalah berwal dari sawah yang telah siap panen kemudian setelah menjadi gabah dimasukkan ke suatu alat yaitu sebuah mesin selep dan akan berubah menjadi beras.
Sedangkan proses pembuatan nasi berawal dari beras yang dicuci kemudian di aron setelah itu baru dikukus kurang lebih setengah jam agar aronan tersebut masak atau matang.
Ada juga cara yang lebih modern seperti masak di rice cooker yang lebih praktis, tapi juga tidak mengurangi rasa dari nasi yang dimasak dikompor. Ada juga cara memasak nasi dengan cara di liwet tanpa dikukus, itu pun sama tidak mengurangi citra dari nasi tersebut. Pada intinya proses pembutan nasi sangat membutuhkan panas agar matang.
Semua orang pasti akan membutuhkan nasi, Karena nasi adalah makanan pokok bangsa kita, dan kita pun tidak bisa hidup tanpa makan dan makanan yang kita makan tidak lain adalah nasi. Tetapi sayang tidak semua orang dengan mudah untuk mendapatkan sesuap nasi karena kita harus punya uang untuk mendapatkan semua itu, apalagi pada saat ini semua bahan pokok harganya jauh lebih mahal dibanding tahun – tahun kemarin, apalagi beras salah satu kebutuhan pokok yang teramat penting.
Karena semua orang hidup dan yang bekerja mencari uang hanya akan membeli beras untuk kebutuhan hidupnya. Tetapi nasi yang sebelum dimasak adalah beras kita tidak akan bisa hidup karena kita manusia membutuhkan makan untuk hidup tubuh kita agar sehat dan tetap kuat kalau kita tetap mengkonsumsi nasi. Kita bisa lihat dipinggir jalan atau dikantin atau juga diterminal dan tempat –tempat umum lainya ada warung nasi yang sudah siap santap, kalau kita memburuhkan atau kita terasa lapar, dan harus sesegera mungkin kita makan. Karena dengan kita makan kita akan mrnjadi sehat dan tetap bugar sebab kita sudah kembali terisi oleh energi, semua orang pasti akan merasakan hal yang sama karena semua orang pasti akan butuh makan.
Sejak dahulu kala hingga saat ini manusia tak kan pernah bisa hidup tanpa makan, maka untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup dan untuk makan, manusia harus bekerja untuk memperoleh uang. Dengan uang semua orang dapat memperoleh segala kebutuhan hidup, untuk beli beras yang kemudian dimasak menjadi nasi. Dengan nasi kita bisa bisa makan tapi nasi pun harus ada lauk pauknya untuk dijadikan teman makan nasi. Bisa itu sayur mayur atau juga telor, ikan atau juga daging, bisa juga tempe, tahu tergantung selera dan kesukaan seseorang.
Terkadang beras harganya sangat lah mahal, apalagi dikala musim hujan tiba, tapi semahal apa pun beras tidak ada yang tidak butuh semua, pasti membutuhkan, karena beras adalah salah satu bahan pokok yang wajib kita konsumsi.
Tapi tak semua orang beruntung, apalagi kehidupan dikota besar seperti jakarta, masih banyak sekali saudara – saudara kita yang yang tidak bisa membeli beras untuk makan karena keadaan ekonomi mereka., karena kehidupan orang – orang tidak sama. Ada yang hidup dengan mewah, mereka yang hidup mewah bisa hidup dengan kehidupan yang serba ada, tapi mereka yang hidup dengan kehidupan susah pun tak kalah banyak, malah diantara mereka yang hidup susah terkadang tak menemukan nasi karena mereka tak punya uang untuk membeli kebutuhan hidup, apalagi untuk kebutuhan yang lain. Nasi pun kadang mereka tak mampu beli. Dengan kehidupan susah tersebut terkadang manusia berbuat nekat, ada yang mencuri, ada juga yang berbuat kriminal lainnya.
Apa yang mereka cari !!!! mereka hanyalah kerja mencari makan, semua orang dimanapun harus bekerja, karena dengan bekerja semua orang pasti dapat memenuhi kebutuhan hidup. Karena salain tuntutan untuk makan, manusia juga butuh sandang dan papan. Selain itu juga masih banyak kebutuhan – kebutuhan lain. Seperti untuk sarana pendidikan dan sarana kesehatan. Semua orang memang harus bekerja, tapi untuk bekerja harus di butuhkan tenaga dan dengan tenaga yang kuat dan sehat pasti kita butuh makan yang cukup dan bergizi.
Untuk itu marilah kita semua selalu berdoa dan berharap agar para petani yang menanam padi di sawah selalu semangat dan kuat untuk bisa mendapatkan hasil atau panen yang memuaskan, agar di negeri kita tidak akan pernah kekurangan bahan pangan, dan beras pun berlimpah agar tidak ada lagi manusia yang tidak bisa makan atau tidak bisa membeli beras karena mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar