Selasa, 03 April 2012

Peluang Game ala PES dan FIFA Buatan Lokal

ilustrasi
 
Jakarta - Game PES 2012 & FIFA 2012 begitu populer di Indonesia. Namun jika kita sebagai developer lokal membuat game sejenis, apa bisa laku? Lantas, apakah urusan birokrasi atau izinnya untuk game seperti ini sulit? Seperti harus izin ke pihak klub atau lainnya?

(apri fitri hartono, 21 tahun)

Jawaban :

Game dengan tema sepakbola memang biasanya populer di Indonesia. Contohnya game Football Saga, penggunanya lebih dari 100.000 dan komunitas pemainnya sangat aktif.

Tapi memang ada kendala untuk membuat game dengan nama klub atau nama pemain sepakbola Indonesia, karena harus mengantongi izin dari klub atau manajemen pemain yang bersangkutan, atau bisa juga dengan mengontak institusi yang memegang lisensi liga di Indonesia.

Yang mungkin jadi kendala adalah biaya yang dibutuhkan untuk membeli lisensi tersebut, yang nilainya tidak sedikit, terutama untuk developer baru.


Selain tentang lisensi, kita juga perlu mempertimbangkan tentang pembajakan jika kita ingin membuat game seperti PES 2012 atau FIFA 2012 untuk pasar Indonesia.

Jika kita membuat game yang dijual retail akan sulit untuk mendapatkan keuntungan karena pembajakan itu. Salah satu alternatif adalah dengan membuat gamenya gratis, tapi memiliki fitur item mall.