Jumat, 29 Oktober 2010

We Know Nothing / We Know All Things

Ilmu yang selama ini kita cari belum lah sempurna, akan tetapi ilmu yang kita dapat sangat berguna nantinya untuk kita semua, maka kita semua akan berusaha dengan ilmu yang kita miliki serta kita juga dapat menambah ilmu sampai kapan pun, seperti pepatah mengatakan “ Kejar lah Ilmu Hingga Ke Negeri Cina ”. Tidak semua hal dapat kita ketahui, maka dari itu kita diciptakan oleh ALLAH dengan dilebihi akal dan pikiran di banding mahluk ciptaan ALLAH lainya, kita harus bersyukur dan menggunkan akal dan pikiran kita untuk mencari ilmu.

We Know Nothing,yang artinya kita tidak tahu apa-apa. Bagaimana Tuhan menciptakan hambanya (manusia) yang pertamanya dari tanah dan dari air mani yang kemudian menjadi segumpal daging dan terbentuklah manusia. Kita dilahirkan dengan tidak mengetahui apapun, kita hanya bisa melihat keatas. Setelah kita menjalani proses belajar dalam hidup ini maka kemudian kita mengerti akan apa arti hidup ini, dan dalam proses perjalanan hidup, kita juga akan lebih tahu mana yang benar dan mana yang salah, dan kita juga bisa membedakan mana yang boleh kita kerjakan dan mana yang tidak boleh kita kerjakan. Seperti halnya dengan pendidikan, barang siapa yang tidak bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu atau belajar, maka kita tidak akan mengerti dan kita tidak akan bisa memahami ilmu yang telah kita peroleh dari guru - guru kita.

Kita dilahirkan dengan tidak mengerti apa-apa, belum bisa bicara, dan belum bisa berjalan. Seiring dengan bertambahnya usia dan berkembnag kita sudah mulai mengerti merangkak dan hanya bisa memanggil seorang ibu dengan kata yang belum begitu jelas atau ibu kita masih belum mengerti panggilan dari kita dengan jelas. Namun lambat laun orang tua kitapun paham akan apa yang kita katakan. Sampai kita tumbuh menjadi anak yang senang bermain dan ingin tahu apapun tentang kehidupan dan mulai ingin mengetahui tentang ilmu dan belajar.

Setelah memasuki umur 5 tahun kita mulai pendidikan semiformal dengan TK (taman kanak-kanak), dan berlanjut kesekolah SD (sekolah dasar), setelah kita lulus SD kita melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP (sekolah menengah pertama) dan sampai pada akhirnya kita melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Dari situlah kita bisa mendapat semua ilmu yang dulunya kita tak tahu dan sekarang menjadi tahu. Atau from We Know Nothing to Know Everything.

Kita hidup didunia ini bukanlah hanya untuk kehidupan dunia saja, tapi kita juga perlu memahami atau mengerti tentang agama, jika kita hidup didunia ini dengan tidak memiliki ilmu atau tidak mengerti tentang ilmu sungguh sia-sia akan kehidupan kita didunia ini. Dan kita tidak hanya mencari ilmu dunia saja, tapi kita juga harus mencari ilmu agama, supaya kita mengetahui tentang dunia dan akhirat. Dan kita hidup didunia ini tidak boleh sombong walaupun sekarang sering kita lihat bahwa manusia didunia ini banyak yang sombong dengan kecantikan dan kekayaan yang dimilikinya, banyak orang yang sudah sukses tidakpeduli dengan orang yang dibawahnya, bahkan mereka merasa bahwa orang yang dibawahnya itu adalah orang yang sangat jauh berbeda dengan kehidupannya, padahal kita tahu bahwa Allah tidak menyukai orang yang memperlakukan orang lain seperti budak, atau memperlakukan orang lain dengan tidak selayaknya. Dan kita harus menuntut ilmu dengan cara yang ikhlas dan diridhai Allah.

Masa kuliah bagi saya adalah masa yang harus mulai berfikir lebih jauh bagaimana kedepannya, agar nanti kita dapat memetik hasilnya di masa depan dan mendapatkan kehidupan yang baik. Setelah kuliah kita akan memasuki dunia kerja, kemudian kita akan mulai membangun rumah tangga. Sampai umur kita sudah mendekati yang namanya kematian, tapi kita tidak akan pernah tahu kapan kesuksesan akan kita raih dan kapan ajal akan menjemput kita.

“Keteladanan menjadi kunci utama dalam proses pendidikan,tanpa keteladanan pendidikan hanya akan menjadi “transfer of knowledge” tapi tidak “transfer of value”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar